Rabu, 16 September 2015

MINGGU PERTAMA SETELAH BAYI LAHIR


Memiliki anak adalah sesuatu yang di tunggu - tunggu, bagi seorang perempuan akan lebih meresa menjadi seorang perempuan seutuhnya setelah melahirkan seorang anak, dan bagi seorang lelaki akan menjadi sebuah pelajaran yang untuk lebih menghargai perjuangan seorang perempuan terlebih saat istri melahirkan ia mendampingi proses melahirkan tersebut. bukan berarti untuk yang memiliki anak tidak bisa merasakan hal tersebut tapi itu adalah kebanyakan yang di rasakan oleh sebagian besar orang. untuk belum memeliki anak semaga tulisan ini bermanfaat dan menjadikan referensi untuk setelah memiliki anak, dan sebagai motifasi untuk memperoleh anak.


Saat setelah kelahiran pertama bagi keluarga muda memang butuh banyak referensi dalam proses tumbuh kembang sang anak. apalagi pada kelahiran pertama tentu sebagian ibu muda masih kagok, meskipun masih ada orang tua atau lingkungan sekitar yang terkadang memberikan refrensi.

Minggu -minggu pertama bayi adalah menggerak gerakkan tubuh. Lihat gerakan kepalanya, apakah kepalanya bergoyang –goyang, sanggalah kepalanya bila dia tidak dalam keadaan bersandar. bisa dengan selimut, tangan atau dengan rengkuhan lengan anda.

Dalam keadaan di sangga tersebut apakan kepala si kecil berputar dari satu sisi ke sisi lainnya?, jika tidak, putarlah kepala si bayi untuk mengenal sisi kiri dan kanan dari kepalanya. kemudian Amati gerakan tangannya apakah genggaman jarinya kuat?, biarkan si kecil memegang dan menggenggam jari anda. Genggaman adalah gerak reflek pertama setelah kelahiran dan mulai berkurang bila koordinasi mata dan tangan mulai berkembang baik. Ketika sedang bermain atau menimang cobalah temukan telapak tangan kanan dan kirinya. Latihan ini akan membantunya mengenal dengan baik kedua belah tangannya.

Lihat juga gerakan kakinya, perlahan, luruskan kaki kirinya dan lihat bagaimana reaksinya. Lanjutkan dengan kaki kananannya dan lihat reaksinya. Amati gerakan telapak kakinya. Sentuh dan peganglah telapak kaki kirinya dan lihat reaksinya. Lakukan hal yang sama untuk kaki kanan. Catat pula reaksinya.

Pada minggu - minggu awal untuk menjaga kehanggatan Selimuti si kecil, Setelah anda melatih menggerakkan anggota tubuhnya selama beberapa minggu, anda akan melihat, bayi akan merenggang – merenggangkan kaki dan tangannya, sepertinya dia mulai menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya, Nah saat inilah tidak perlu lagi menyelimutinya dengan ketat.


Kemudian untuk merespon pendengaran ajaklah selalu si kecil berbicara, gunakan kelimat – kalimat pendek dengan intonasi yang hangat dan ceria. Bernyanyi dan bersenandung baik juga dilakukan. Kalau anda sukar untuk melakukannya, gunakan kotak musik atau putarlah kaset dengan musik – musik yang lembut. 

semoga bermanfaat jangan lupa di Like ya terimaksih.........

0 komentar: