Kamis, 28 November 2013

Agar Kreativitas Anak Optimal

Mempunyai anak yang kreatif pasti menjadi hal yang membanggakan bagi orang tuanya. Oleh karena itu, kreativitas anak perlu diasah sejak dini terutama ketika mereka berusia di bawah enam tahun.

Menurut psikolog Tika Bisono MPsiT.,Psi, ketika orang tua memiliki anak berusia 0-6 tahun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam rangka mengasah kreativitas si kecil.

"Tunjukkan minat pada anak dengan pertanyaan positif. Misalnya anak mewarnai baju batman warna hitam semua, tanya kenapa kok hitam semua, emang batmannya kenapa," kata Tika dalam Smart Talkshow 'Memilih Mainan yang Tepat untuk Si Buah Hati' di Fx Sudirman, Jakarta, dan ditulis Rabu (20/11/2013).

"Tak kalah penting jadilah cheerleader yang baik untuk anak. Murah pujian pada dia, beri apresiasi salah satunya tepuk tangan, dengan begitu percaya diri dia akan tumbuh dan dia bisa mengembangkan kreativitasnya," lanjut Tika.

Cara memberikan tepuk tangan untuk mengapresiasi karya anak pun ada tekniknya sendiri, lho, yaitu tepuk tangan sampai terasa sakit sehingga berbunyi kencang, tunjukkan mimik wajah bahagia, dan sambil ucapkan kata 'yeay' atau 'hore'.

Selain itu, Tika mengatakan bahwa orang tua perlu banyak belajar dari TV, buku, dan seminar. Sebab, orang tua perlu belajar dan menyesuaikan diri dari keadaan awal dirinya lajang dan memiliki anak yang kemudian tumbuh dan berkembang.

"Jangan lupa, supaya kreativitas anak berkembang, ketika dia cerita suatu hal, jadilah pendengar dan pengamat yang baik. Cara mudahnya, ketika anak cerita, jangan main hp atau gadget. Harus eye to eye dan duduk berhadapan," jelas wanita yang juga menjadi pengajar di Universitas Paramadina ini.

Menurut Tika, jika orang tua mendengarkan cerita anak dan perhatiannya justru tertuju pada hal lain seperti gadget atau pekerjaan, anak bisa merasa diacuhkan. "Yang ada anak juga tidak akan menghargai Anda," ujar Tika. Selain itu, kesabaran dan tidak merasa putus asa mutlak diperlukan orang tua.

Pasalnya, ketika berusia dua sampai tujuh tahun, anak sedang berada dalam masa genting. Dalam artian di masa itulah anak mengembangkan kreativitas, bakat, dan kemampuannya yang akan mempengaruhi kehidupannya kelak.

0 komentar: